IT'S A PLEASURE TO MEET YOU, THANKS FOR YOUR VISIT

Tips Menjadi Seorang Manager

Mengapa banyak karyawan sebuah perusahaan yang mengundurkan diri? Berdasarkan penelitian,mereka keluar dari tempat perusahaannya bukan karena tidak suka kepada perusahaan,tapi lebih banyak kepada atasan mereka.
 
Karena itu jika anda seorang manager,bersikaplah bijaksana kepada anak buah anda. Doronglah bawahan anda sehingga mereka punya motivasi tinggi untuk meniti karir. Jangan bunuh motivasi mereka.
Memotivasi karyawan tidak cukup hanya mendorong karyawan berperilaku motivativ,tetapi juga menjaga diri anda untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat mematahkan semangat karyawan.
Berikut adalah beberapa tips agar anda menjadi manager yang baik:
1.jangan menganggap karyawan sebagai alat. Sebagai manager ,anda memang berhak menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan. Namun jika anda bersikap seolah-olah memperalat karyawan demi tujuan anda sendiri.maka anda akan kehilangan simpati dan motivasi karyawan untuk mau bekerjasama dengan anda. Libatkan karyawan pada tujuan bersama. Tunjukkan bahwa anda bersama mereka.
2.jangan mengkritik karyawan dihadapan orang lain. Jangan permalukan karyawan dihadapan orang lain meski anda mengatakan sesuatu yang menurut anda benar.mengkritik didepan umum dapat melukai perasaannya. Kritik anda dapat meninggalkan bekas luka dalam yang mengubah motivasi dan dendam berkepanjangan.
3.jangan menghina atau merendahkan karyawan. Melontarkan kata-kata seperti,”bodoh”,”goblok” atau kata-kata hinaan yang lain adalah tindakan yang harus dihindari. Jangan sepelekan orang lain. Mereka tak akan melakukan sesuatu yang anda inginkan dengan baik jika anda sendiri menganggap tidak becus.
4.jangan berlaku tidak adil.
Merupakan sesutu yang wajar jika anda senang terhadap karyawan-karyawan terbaik anda. Namun itu bukan alasan untuk berlaku tidak adil. Perlakuan diskriminatif mudah sekali menjatuhkan semangat seluruh karyawan. Terlebih lagi bila anda tidak sadar sedang ” dijilat” oleh karyawan yang anda sukai.
5.jangan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.
Anak buah membutuhkan sebuah keputusan yang tegas,segera,namun bijaksana dari atasanya. Jika anda tampak bimbang dengan keputusan anda sendiri,karyawan akan merasa lebih bimbang lagi.
Sumber:
Media indonesia

0 komentar: